Tutorial 3D dan Modeling bangunan dengan cepat

TEKNIK VRAY PADA PENCAHAYAAN INTERIOR

30 Jan 11 - 22:06

TEKNIK VRAY PADA PENCAHAYAAN INTERIOR

PENGANTAR
Ini adalah tutorial cepat yang akan memandu anda melalui beberapa setting V-Ray dasar termasuk bekerja dengan pencahayaan V-Ray dan setting bahan scene untuk kesuksesan rendering anda.
 
LANGKAH AWAL
Mari kita mulai dengan ruangan sederhana yang terdiri dari kotak (mewakili ruang itu sendiri), dua kursi dan meja kopi model instancenya. Kamar ini memiliki material yang dipakai pada lantai, dinding dan langit-langit serta dua multisub bahan kursi dan meja.
Anda dapat menggunakan file 3ds max (model_start.max) yang disertakan dalam tutorial ini, untuk melihat  bagaimana hasil scene yang telah disetting.

LANGKAH 1
Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah memastikan bahwa V-Ray diatur sebagai default production renderer. Hal ini dapat ditetapkan pada bagian bawah dialog render scene, di Rollout Assign Renderer.
Setelah ditetapkan, mari kita merendering scene untuk melihat efek yang telah dihasilkan.



Gambar kita terlihat mirip dengan render scanline: sangat gelap, sedikit bayangan dan realisme. Mari kita periksa rollout renderer untuk melihat apa yang bisa ditweak.

LANGKAH 2
Pertama buka vray: Global switches rollout and disable default lights. Ini akan menghilangkan pencahayaan standar max. Switch Global adalah tool yang berguna karena memungkinkan Anda untuk mengontrol elemen render dan fitur, seperti map dan refleksi, secara global.


 
Selanjutnya, buka vray: Indirect Illumination rollout and turn on the indirect illumination.


Indirect illumination merupakan keseluruhan rollout yang paling penting. Rollout ini memungkinkan Anda untuk memilih solusi metode pencahayaan tidak langsung untuk yang awal dan yang kedua pantulan cahaya. Untuk saat ini, abaikan pilihan lain karena hanya mengatur map Irradiance sebagai engine GI untuk bouncing Primer dan QMC (Quasi-Monte Carlo) untuk Bouncing Sekunder.

LANGKAH 3
Sekarang buka vray: rollout irradiance map dan periksalah. map irradiance adalah intinya dan pendekatan teknik pencahayaan tidak langsung umumnya digunakan untuk bounce primer di V-Ray. Chaos Team menyediakan beberapa beberapa quality preset yang membuat lebih hidup dan mudah, jadi mari kita terapkan salah satu dari mereka. Pada bagian atas rollout, pilih Low preset untuk menampilkan secara cepat tampilan pratinjau.
Pada bagian pilihan, centang Show Calc. fase untuk melihat bagaimana Map irradiansi bekerja. Terakhir, atur subdivisi setengah bulat (HSph. subdivs) sebesar 20, biarkan semua pengaturan lain pada keadaan default. Pengaturan ini sangat mempengaruhi kinerja rendering, mengontrol jumlah sinar yang datang dari cahaya emitor.
Secara default diatur ke 50, tetapi nilai 25-30 biasanya cukup untuk mendapatkan render yang benar.


Render scene sekarang dan lihat apa yang terjadi dengan pencahayaan. Hampir tidak ada yang terlihat di scene, kecuali bingkai jendela. Hal ini karena emitor-satu satunya cahaya dalam scene tersebut: latar belakang lingkungan, tetapi terlalu lemah untuk cahaya ruangan.
Kita bisa membuatnya lebih kuat, dengan menggunakan vray: Environment rollout, dan menetapkan nilai yang lebih tinggi dari 1 dalam GI Override Environment. Sebaliknya, kita akan menggunakan pencahayaan area V-Ray  asli ke cahaya interior ini.

 
LANGKAH 4
Pada panel max Light, pilih VRayLight dan buatkan satu Vraynya. Dari viewport depan, ubah ukuran cahaya menggunakan U dan V Spinner, ukurannya disamakan dengan ukuran jendela. Aturlah dilokasi dalam ruangan, Hilangkan gap kecil antara cahaya dan dinding dan pastikan penempatan tidak berpotongan dengan dinding atau bingkai jendela. Persimpangan dapat mengakibatkan gambar menjadi terlalu kasar. 



Setting pengaturan cahaya V-Ray yang sama dengan yang ditunjukkan dalam gambar; membuatnya tnampak terlihat dan bayangan permukaan yang lebih lembut.
Sekarang, atur warna terhadap cahaya kebiruan dan Multiplier di sekitar 25. 

Sekarang lakukan rendering gambar dan mari kita lihat bagaimana pencahayaan keluar.
 



Nah, kamar kita telah menjadi lebih cerah, tapi tampaknya seperti sebuah bom nuklir meledak di belakang jendela layaknya langit-langit dan dinding terlalu terbakar habis.

Anda dapat memperbaiki ini di vray: map G-Buffer/Color rollout dengan menetapkan jenis pemetaan warna ke eksponensial bukannya Linear. Ini akan memberi  permukaan agak terbakar dan memberi kita gambar jauh lebih baik dan seimbang.


Sekali lagi, lakukan rendering gambar untuk melihat perubahan yang telah kita dibuat.


LANGKAH 5
Kemudian, tambahkan Target direct Light ke lokasi dan tempatkan di suatu tempat di atas atap, menunjuk ke arah jendela. Ini akan memainkan peran matahari dalam scene. 

Dari general Parameter rollout, atur type bayangan ke VRayShadow.


Nilai multiplier matahari harus ditetapkan disekitar 7-10, dan warna berubah menjadi kuning hangat.
Tekan render sekarang, ingatlah bahwa perubahan telah dilakukan untuk cahaya.

Sekarang ruangan menyala dan memiliki sinar matahari langsung, namun kurang kehangatannya. Ini dapat ditingkatkan melalui material yang kita miliki.

LANGKAH 6
Buka material editor dan carilah Multi / Sub-Obyek Material yang disebut chair.Klik pada slot pertama yang disebut chair_body. Selanjutnya, klik pada tombol standar dan kemudian dari Material / Map Browser list, pilih VrayMtl. VrayMtl adalah material V-Ray asli, tetapi bekerja lebih cepat dan memiliki beberapa option spesifik dan ability yang tidak tersedia di material max standar.
Klik pada slot diffuse dan pilih beberapa warna yang cerah, warna apapun yang Anda inginkan. Saya pilih merah untuk scene ini.Gerakkan kedepan satu tingkat dalam Multi /Sub Material dan pilih material chair_legs. Ini adalah material krom untuk kaki kursi. Karena krom tidak memiliki warna sendiri dan hampir sepenuhnya reflektif, mengatur warna berdifusi menjadi hitam, dengan nilai 0. Sekarang, klik pada reflect color picker dan pilih nilai putih sekitar 250.

Untuk melihat hasilnya, lakukan rendering scene lagi.


Saya juga menambahkan tekstur kayu untuk-objek material sub table. Perhatikan bahwa dinding menjadi sedikit kemerahan. Ini adalah karena untuk efek alami yang disebut perdarahan warna, yang ketika objek menerima warna cerah tercermin dari dekat permukaan.

LANGKAH 7
Selanjutnya kita akan menciptakan sebuah bahan bias untuk meja kopi.Dari bahan meja, pilih slot kedua yang disebut table_glass. Atur warna difusi menjadi hitam murni, refleksi nilai sekitar 30, dan hampir putih asli di slot pembiasan/refraction. Di bagian bawah basic parameter rollout, ada Fog Color selector dan Multiplier yang menggambarkan kemampuan bahan untuk menyerap cahaya.
Pilih warna kehijauan sebagai warna kabut dan set multiplier di sekitar 0,3 (Anda dapat melakukan percobaan
dengan nilai-nilai ini untuk melihat efek) dan aktifkan pada checkbox effect Shadow. Hal ini memungkinkan V-Ray menghitung secara fisik transparan shadow yang tepat dari bahan bias.


LANGKAH 8
Hal terakhir dari tutorial ini akan mencakup adalah mengenai pengaturan bahan glossiness, atau kemampuan untuk mencerminkan cahaya.
Mari kita kembali ke materi slot chair_body kita dan mengatur nilai refleksi untuk sekitar 25 dan refleksi glossiness ke 0,85. Render scene untuk terakhir kali.


Seperti yang anda lihat, kursi sekarang memiliki glossy yang menyoroti pada nya dan memiliki penampilan kulit seperti lebih hidup.Saya berharap ini akan berguna bagi Anda. File salinannya  pada 3ds max (model_finished. max) dimasukkan dalam file zip. untuk tutorial ini. Dalam tutorial ini elah Anda pelajari beberapa V-Ray dasar, termasuk bekerja dengan lampu V-Ray dan bahan dan pengaturan scene untuk rendering sukses.


Anonymous

Yadi

08 Jan 2012 - 09:36 am

Terima Kasih untuk tutorialnya, ini bisa menambah pengetahuan untuk saya yg sedang belajar 3ds max

Anonymous

Agus

18 Feb 2012 - 02:08 am

tanx buat tutorialnya, ini sangat membantu saya,

Anonymous

Brata

05 Jul 2012 - 07:25 am

wiiiih jelas bnr kterangannya ap yg djlaskan,thank dh jd tambah ilmu nh,cba dnk yg artlantisnya di jabarkan blh g?

Anonymous

Aby

23 Oct 2012 - 01:23 am

Makasihh atas tutorial nyaa ..
mohon informasi nya lebih detail lagii mass ...

Anonymous

Dewi

11 Apr 2013 - 03:36 am

mau tanya, kenapa cahaya vray light(rectangle) ku tdk terang seperti contoh yg di atas? padahal nilai multipliernya sdh 100?

Add a comment

Your name or Login

Your email address (will not be shown in this guestbook)

Message *

Please type this code to prevent spam *

© 2014 Tutorial 3D dan Modeling bangunan dengan cepat

622608